Rabu, 02 Januari 2013

Laporan Praktikum; Aplikasi Bergerak-User Interface



LAPORAN PRAKTIKUM
PEMROGRAMAN APLIKASI BERGERAK

MODUL III
USER INTERFACE I



Disusun Oleh :
NAMA  : Dadan Ramdani
NIM       : 2009081051
KELAS : TI 2009 C






LABORATORIUM KOMPUTER
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
2012
MODUL III
USER INTERFACE I

I.              Teori

JAVA GUI sendiri secara umum sama dengan pemahaman GUI sendiri, namun disini GUI pada JAVA adalah salah satu dari fasilitas Java dalam mengembangkan suatu aplikasi dengan memberikan suatu interface yang nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan suatu aplikasi, baik skala kecil dan besar. Intinya, GUI pada Java adalah komponen-komponen penyempurna dalam sebuah sistem, seperti komponen navigasi, graphic, interface desktop, komponen menu, sinkronisasi antar interface dan semuanya itu dirancang dengan penelitian yang baik, dimana nantinya aplikasi tersebut dapat dengan mudah dioperasikan user. Banyak sudah aplikasi yang telah Java kembangankan dengan menggunakan GUI sebagai nilai penggunaan dan nilai jual. Software perangkat lunak dan keras juga termasuk di dalamnya. Java GUI adalah program pengembangan suatu user interface dengan mengetengahkan graphic sebagai penghubung user dengan sistem, sehingga mudah dalam implementasi aplikasi sistem tersebut.

II.           Praktikum

v  Membuat aplikasi MIDlet untuk menampilkan TextBox dan beberapa fungsi yang dapat dijalankan didalamnya. Buat project dan kelas dengan nama FirstTextBox.java

FirstTextBox.java
// mengimport library MIDlet
import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;
// deklarasi kelas utama program
public class FirstTextBox extends MIDlet implements CommandListener {
// deklarasi variabel
private Display display;
private TextBox tbClip;                                    
private Command cmExit, cmStartMark, cmCopy, cmPaste, cmCut;
private int beginOffset = 0;
private char[] clipBoard = null;
private int clipBoardChars = 0;
// mendefinisikan construktor
public FirstTextBox(){
display = Display.getDisplay(this);
//instansiasi objek
cmExit = new Command("Exit", Command.EXIT, 1);
cmStartMark = new Command("Mark", Command.SCREEN, 2);
cmCopy = new Command("Copy", Command.SCREEN, 3);
cmPaste = new Command("Paste", Command.SCREEN, 4);
cmCut = new Command("Cut", Command.SCREEN, 5);
tbClip = new TextBox("Clip Board", "",156, TextField.ANY);
tbClip.addCommand(cmExit);
tbClip.addCommand(cmStartMark);
tbClip.addCommand(cmCopy);
tbClip.addCommand(cmPaste);
tbClip.addCommand(cmCut);
tbClip.setCommandListener(this);
clipBoard = new char[tbClip.getMaxSize()];
}
public void startApp(){
display.setCurrent(tbClip);
}
public void pauseApp(){
}
public void destroyApp(boolean unconditional){
}
public void commandAction(Command c, Displayable s) {
if (c == cmStartMark){
beginOffset = tbClip.getCaretPosition();
}else if (c == cmCopy &&(tbClip.getCaretPosition() > beginOffset)){
char[] chr = new char[tbClip.size()];
tbClip.getChars(chr);
clipBoardChars = tbClip.getCaretPosition() - beginOffset;
System.arraycopy(chr,beginOffset,clipBoard,0, clipBoardChars);
}else if (c == cmPaste){ if ((tbClip.size() + clipBoardChars) <= tbClip.getMaxSize())
tbClip.insert(clipBoard, 0, clipBoardChars, tbClip.getCaretPosition());
}else if (c == cmExit){
destroyApp(false);
notifyDestroyed();
}else if((c==cmCut)&&(tbClip.getCaretPosition()> beginOffset)){
char[] chr = new char[tbClip.size()];
tbClip.getChars(chr);
clipBoardChars = tbClip.getCaretPosition() - beginOffset;
System.arraycopy(chr,beginOffset,clipBoard, 0, clipBoardChars);
tbClip.delete(beginOffset,(tbClip.getCaretPosition()- beginOffset));
}
}
protected void keyPressed(int keyCode) {
System.out.println("begin : " + beginOffset + " now : " + tbClip.getCaretPosition());
}
}




v  Simpan kode program dan buka jendela wireless toolkit.
v  Eksekusi program.
 

Analisis :
Pada outputnya ditampilkan layar untuk menuliskan string. Dan terdapat menu yang dapat digunakan untuk mengkopi, menempelkan dan memotong string tersebut.





v  Membuat aplikasi MIDlet untuk menampilkan berbagai tipe alert. Buat project dengan nama project dan kelas FirstAlert.

FirstAlert.java
// mengimport library MIDlet
import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;
// deklarasi kelas utama program
public class FirstAlert extends MIDlet implements CommandListener{
// deklarasi variabel
Display display;
List list;
Image img;
Alert alAl, alCo, alEr, alIn, alWa;
Command cmExit;
// mendefinisikan construktor
public FirstAlert() {
display = Display.getDisplay(this);
try {
img = Image.createImage("/img.png");
} catch (java.io.IOException e) {
}
cmExit = new Command("Keluar", Command.EXIT, 1);
list = new List("First Alert", List.IMPLICIT);
list.append("ALARM", img);
list.append("CONFIRMATION", img);
list.append("ERROR", img);
list.append("INFO", img);
list.append("WARNING", img);
list.addCommand(cmExit);
list.setCommandListener(this);
display.setCurrent(list);
alAl = new Alert("ALARM", "Alert ALARM", null, AlertType.ALARM);
alAl.setTimeout(Alert.FOREVER);
alCo = new Alert("CONFIRMATION", "Alert CONFIRMATION", null, AlertType.CONFIRMATION);
alCo.setTimeout(Alert.FOREVER);
alEr = new Alert("ERROR", "Alert ERROR", null, AlertType.ERROR);
alEr.setTimeout(Alert.FOREVER);
alIn = new Alert("INFO", "Alert INFO", null, AlertType.INFO);
alIn.setTimeout(Alert.FOREVER);
alWa = new Alert("WARNING", "Alert WARNING", null, AlertType.WARNING);
alWa.setTimeout(Alert.FOREVER);
}
public void startApp() {
}
public void pauseApp() {
}
public void destroyApp(boolean unconditional) {
}
public void commandAction(Command c, Displayable s){
if (c == List.SELECT_COMMAND){
switch (list.getSelectedIndex()){
case 0:
display.setCurrent(alAl);
break;
case 1:
display.setCurrent(alCo, list);
break;
case 2:
display.setCurrent(alEr);
break;
case 3:
display.setCurrent(alIn, list);
break;
case 4:
display.setCurrent(alWa);
break;
}
}else if(c == cmExit){
exitMIDlet();
}
}
public void exitMIDlet() {
destroyApp(false);
notifyDestroyed();
}
};
v  Simpan kode program. Dan buka aplikasi wireless toolkit.
v  Eksekusi program
   
Analisis :
Pada outputnya ditampilkan layar. Ketika menu launch dipilih, user akan dibawa kemenu selanjutnya, dan terdapat beberapa pilihan. Ketika salah satu dipilih, akan masuk ke tampilan menu tersebut dan ada efek sound yang diberikan.


v  Membuat aplikasi MIDlet Sound alert yang dapat memainkan berbagai suara yang dikeluarkan oleh alert tanpa harus mengeluarkan alert. Buat project baru dengan nama project dan kelas SoundAlert.

SoundAlert.java
// mengimport library MIDlet
import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;
// deklarasi kelas utama program
public class SoundAlert extends MIDlet implements ItemStateListener, CommandListener {
// deklarasi variabel
private Display display;
private Form fmMain;
private Command cmExit;
private ChoiceGroup cgSound;
// mendefinisikan construktor
public SoundAlert() {
display = Display.getDisplay(this);
cgSound = new ChoiceGroup("Choose a sound", Choice.EXCLUSIVE);
cgSound.append("Info", null);
cgSound.append("Confirmation", null);
cgSound.append("Warning", null);
cgSound.append("Alarm", null);
cgSound.append("Error", null);
cmExit = new Command("Keluar", Command.EXIT, 1);
fmMain = new Form("");
fmMain.append(cgSound);
fmMain.addCommand(cmExit);
fmMain.setCommandListener(this);
fmMain.setItemStateListener(this);
}
public void startApp()
{
display.setCurrent(fmMain);
}
public void pauseApp()
{ }
public void destroyApp(boolean unconditional)
{ }
public void commandAction(Command c, Displayable s)
{
if (c == cmExit)
{
destroyApp(false);
notifyDestroyed();
}
}
public void itemStateChanged(Item item)
{
switch (cgSound.getSelectedIndex())
{
case 0:
AlertType.INFO.playSound(display);
break;
case 1:
AlertType.CONFIRMATION.playSound(display);
break;
case 2:
AlertType.WARNING.playSound(display);
break;
case 3:
AlertType.ALARM.playSound(display);
break;
case 4:
AlertType.ERROR.playSound(display);
break;
}
}
}




v  Simpan kode program. Buka aplikasi wireless toolkit.
v  Eksekusi program
   
Analisis :
Pada outputnya ditampilkan layar menu soundAlert. Ketika menu dipilih, user dibawa ke menu selanjutnya. Disana terdapat beberapa menu soundAlert. Ketika salah satu dipilih, akan dibunyikan suara dari masing-masing alert.




KESIMPULAN

Jadi GUI sangat jelas kaitanya dengan kegiatan penggunaan suatu aplikasi dalam komputer yang sering digunakan. Dalam hal ini, GUI mempermudah user dalam penggunaannya, dengan tampilan yang friendly seta ergonomis, user dengan mudah dapat menyesuaikan aplikasi-aplikasi karena GUI membantu didalam interface yang dapat dipahami penggunaannya. Sehingga antara user dan sistem, tidak terjadi misscommuncation dalam menerapkan sistem komputerisasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar